Buku yang Katanya Bisa Merubah HidupMu [Review Buku The 5 Second Rule]



The 5 Second Rule Mel Robbin.



#5SecondRule bisa mengubah segalanya???

Semua hal dalam hidup pasti berubah apapun itu termasuk manusia. Hanya satu yang tidak pernah berubah yaitu perubahan itu sendiri. Kita memiliki pilihan untuk berubah ke arah mana yang kita inginkan dan yang bisa merubah diri kita adalah kita sendiri. Ini sesuai dengan quote Mel Robbin dalam buku The 5 Second Rule,
"If you're searching for that one person who will change your life look in the mirror"
Kita sadari atau tanpa kita sadari kita sedang bertransformasi. Bertransformasi ke seperti apa dan ke mana? Kalian sendiri yang mengetahui. Buku The 5 Second Rule membantu dalam bertransformasi ke mana yang kita pilih.

Apa itu The 5 Second Rule?

The 5 Second Rule adalah waktu 5 detik yang mengubah hidup, ini seperti sebuah tipuan atau gimmik semata. Namun Mel Robbin telah membuktikannya dan menginspirasi orang lain termasuk aku. Mengubah hidup kita dengan lima detik untuk mengambil keputusan. Tiap tindakkan merupakan hasil dari keputusan yang diambil seperti bangkit dari tidur setiap pagi. Ketika alarm berbunyi kita sadar  dan mempunyai pilihan untuk tidur kembali atau memulai hari namun kebanyakkan akan mematikan alarm kembali lalu tidur kembali dan sulit untuk bangkit dari tempat tidur. Dan saat itu kita perlu #5secondrule. Menghitung mundur 5 4 3 2 1 dan bangkit sebelum pikiran untuk tidur kembali mempengaruhi.


         
Hampir setiap keputusan yang kita ambil berdasarkan emosi kita saat itu, emosi bermula dari pikiran kita, #5secondRule membuat kita bergerak dan mengubah emosi tersebut.

#5SecondRule bukan hanya mengubah kamu bangun lebih awal setiap hari tapi bisa mengubah dalam setiap aspek hidupan kita. Dalam buku The 5 Second Rule banyak kisah individu yang telah menggunakan #5SecondRule dan mengubah kehidupannya.   Mel Robbin menantang kita untuk menggunakan #5SecondRule untuk bangun lebih awal dan itu merubah satu hari yang lebih baik lagi.

Untuk menemukan keberanian kita perlu mendorong atau memaksa kita untuk melakukannya seperti slogan nike just do it. Ya kita hanya perlu memaksaka diri kita untuk melakukannya. Dan fokus sama tujuan hidup kita masing-masing.

Di dalam buku ini Mels Robbin membagi ceritanya bagaimana ia menemukan #5SecondRule dan itu berhasil ia terapkan di berbagai aspek kehidupannya. Di bagian tangah buku ini, Mel menjelaskan beberapa sains mengapa metode ini berhasil, dan mengapa sangat berguna di berbagai hal, dengan janji membantu kita mengubah segalanya dalam hidup Kita. Ternyata ada banyak penelitian neurosains yang kuat yang menunjukkan dengan jelas bahwa korteks pra-frontal kita benar-benar dapat membajak pikiran dan menahan kita menjadikan diri kita sandera, membuang banyak waktu, membuat kita terjebak di dalamnya. #5SecondRule adalah cara yang sangat sederhana dan efektif untuk mendapatkan kembali kendali pikiran dan kehidupan kita.         

Trik ini bisa mengubah perilaku buruk kita, mengambil kontrol terhadap kesadaran pikiran dan membuat kita lebih berani dari hari ke hari. Untuk membuktikanya silahkan kalian tantang diri kalian. Dan saya telah membuktikannya.

1 komentar: